Kamis, 26 Februari 2015

MEMPERBAIKI MASALAH INTERNET

Memperbaiki Koneksi Internet yang Terputus


Bagi para sobat yang hobi dalam brosing internet terkadang menemui kendala terputusnya koneksi internet  ketika sedang memjelajahi ke situs internet. Apalagi bagi sobat penguna windows Xp. Berikut ini beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

a. Menonaktifkan Software Firewall Sementara
    Terkadang software firewall, seperti ZoneAlarm atau Norton Personal firewall, dapat menyebabkan gangguan koneksi internet. biasanya masalah yang muncul adalah memperlambat koneksi internet sobat, halaman website yang tidak direspon, atau membatasi untuk akses internet. untuk menentukan jika firewall adalah penyebab dari masalah, sobat dapat mematikan firewall untuk sementeara waktu dengan cara berikut.
1. Klik kanan pada ikon firewall sobat, biasanya ikon tersebut berada pada sudut kanan bawah dekat jam windows sobat.
2. Pilih option Stop All  internet Activity
3. Coba hubungkan keinternet. jika sudah sukses, re-start firewall sobat dengan menglik kanan pada ikon dekat jam window dan pilih Enable atau Restotre. jika ikon firewall tidak ada disana, sobat harus me-restart dengan cara berikut ini.

    Klik tombol [start] > [All Program].
    .  Pilih polder yang berisi nama firewall sobat, misalnya menggunakan ZoneAlrm, pilih polder Zone Labs.

4. Jika sobat mengaktifkan kembali firewall dan menyebabkan koneksi internet sobat menjadi terganggu kembali, itu berarti firewall sobat mengalami kerusakan. silahkan install kembali firewall sobat, dengan membuang atau meng-unistall firewall yang lama. Setelah firewall selesai di-unistall, re-start komputer sobat dan coba untuk meng-install kembali.

b.  Reboot Modem,Router, atau Keduanya
     Terkadang kegagalan pemakaian koneksi internet dapat disebabkan oleh hardware komputer yang error, seperti kabel, modem, atau router. untuk memperbaiki beberapa masalah dengan hardware,  sobat harus me-restart dengan cara berikut.
1. Shut Down komputer.
2. Putuskan hubungan listrik (power) dibagian belakang yang masuk ke modem atau router. Metode lain yang bisa sobat gunakan adalah dengan menekan tombol restart pada modem atau router.
3. Lampu bagian depan modem gelap atau mati. Tunggu sampai 30 detik kemudian hubungkan kembali ke listrik (power) modem sobat. Hal ini akan membuat lampu bagian depan modem akan menyala kembali atau kedap-kedip secara teratur. Tunggu sampai 30 detik, kemudian restart komputer sobat.

c. Menggunakan ipconfig
    Jika mematikan firewall untuk sementara waktu dan reboot hardware tidak dapat menyelesaikan masalah koneksi internet sobat yang terputus. kemungkinan hal itu disebabkan masalah pada IP Adress. untuk menyelesaikan masalah ini sobat harus mengunakan program yang disebut sebagai ipconfig. Ikuti cara berikut ini.
1. Klik [Start] > [Run]. ketik cmd, kemudian klik tombol OK atau tekan enter. Program akan menampilkan window Command Promp.
2. Ketik ipconfig/release dan tekan enter.
3. Ketik ipconfig/renew dan tekan enter.
4. Setelah selesai, tutup window command promp.


 Demikianlah sobat cara memperbaiki koneksi internet yang terputus. Semoga bermanfaat.

1 komentar: